Tuesday 14 May 2013

Solusi Fobia Jatuh Cinta

Hallo, tami disini. Iya, ini blog gw. Udah tau kan? So pasti. Dan gw
langsung mengawali permulaan blog gw ini dengan gj yang gemulai. Oke,
kali ini gw melangkahkan jari jari tangan gw untuk menjelajahi keypad
belekberi gw dengan semangat menggebu. Pasalnya, salah satu temen
sekelas gw curhat tentang dia yang mau fakum twitter gara gara ya si
doinya itu semacam acuh. Terus dengan indahnya gw mengeluakan bacotan
gw dan menumpahkannya kedalam chat bbm kami. Tak disangka tak diduga
beliau merespon dengan memuji gw sebagai mario teguh. Gw setengah
bangga dan bimbang. Bangga karena bacotan gw masuk ke dalam nominasi
mario teguhnya beliau, dan bimbang ini emang pujian atau semacam majas
ironi misalnya ._.

Dari chat simple itu lah gw mikir gimana caranya ngatasin fobia gw
terhadap jatuh cinta. Jatuh cinta kan manusiawi, kalo gw udah takut
sama itu virus gimana caranya gw hidup normal sebagai manusia
sewajarnya. Maka itu lah gw mulai mengasah otak gw membuat otak gw
berhenti sejenak dari main jungkat jungkitnya. Gw mulai mengingat buku
#yaudahputusinaja yang udah pernah gw bahas dipost sebelumnya. Kalo
dari keterangan buku itu sih katanya, gw ga perlu kenal yang namanya
pacaran. Apapun namanya alasannya atau modusnya yang namanya pacaran
tetep lebih banyak mudhorotnya.

Dan entah kenapa otak gw yang setengah hidup ini mengambil kesimpulan
bahwa cinta harus dipendam. Serentak pikiran liar dan otak gw tauran,
ada yang ganjal. Hati gw pun ikut ambil bagian, apapun yang di pendam
ga akan pernah baik. Jadi gw menyimpulkan kalo yang namanya cinta itu
ga harus diumbar, ga harus memiliki (basi) ga harus saling tau. Karena
ya dibuku itupun tertera, pacaran itu cemen, ngelamar baru gentle men.
Yang berarti lebih baik kita diem saat jatuh cinta, karena keindahan
cinta dalam diam tdk dapat terlukiskan.

Itu poin pertama sebelum akhirnya gw rangkum. Poin kedua, gw masih
tetep nih berkutat dipikiran jahat gw. Gimana caranya gw ngobatin diri
gw dari fobia ini kalo gw ga pernah nyoba? Disinilah gw kembali pada
pepatah klasik, yang bunyinya "lebih baik mencintai orang yang
mencintai kita daripada memperjuangkan cinta yang belum tentu
terbalas" dari situ gw udah bisa nyimpulin segala bacotan yang mau gw
luapin

So, gays ini lah yang ditunggu tunggu. Tips ala chef tami quin untuk
mengatasi fobia jatuh cinta:
1. Karena cinta karunia Allah, bertaqwalah kepada Allah. Pada dasarnya
kita tidak takut dan memang mengakui cinta itu ada, kita hanya ingin
menikmatinya tanpa rasa sakit. Padahal sakit dalam membina kasih cinta
sudah sangat alamiah. So, tips pertama dari gw adalah bertaqwa kepada
Allah karena beliau yang maha membolak balikkan hati dengan kuasanya
pun kita bisa dilindungi dari jerat menyakitkan cinta.

2. Jangan terlalu
Ini balik lagi kepengalaman gw dan mr.x. Gw terlalu sayang dia, sampe
akhirnya gw terlalu sakit untuk milikin dia hahaha mirisnya hidup gw.
Tapi serius, dulu pernah ada percakapan simple obrolan gw dan mr.x
Gw: yang jangan tinggalin aku
X: ngga akan ko yang, tapi jangan berlebihan ya, katanya yang terlalu
itu ga baik
Gw: jadi ga sayang bgt?
X: sayang banget banget yang. Tapi kata mamah aku itu
Gw: iya ga akan terlalu ko yang
X: tapi terlanjur terlalu sayang
Gw: katanya ga baik
X: kita bakal baik baik aja yang *kelingking*
Lalu hening sejenak dalam situasi bertolak belakang dengan saat ini.
Gw putus. Ini bisa jadi pelajaran, bahkan ini yang selalu ngajarin gw.
Maka dari itu gw punya moto hidup yang gw pikir ga layak juga buat
dibilang moto "I don't like any special relationship" dengan alasan
terlalu tadi. Dan intinya , jika ingin sembuh. Jangan terlalu, tenang
santai, seadanya. Kalo doi leor juga cukup berikan senyum terindahmu,
contohnya.

3. Tenang
Maksud gw tenang disini adalah jangan buru buru. Ini gw terinspirasi
saat gw makan keripik singkong. Itu awalnya si toples penuh, sampe
bagian bawah bubuknya pun gw makan, gw jilatin. Gatau kenapa gw
nyimpulin kalo itu adalah alasan kenapa kita harus sabar. Soalnya kan
personal si kripik pastinya pengen gw makan, tapi gw ambil dari yang
teratas yang berarti siapapun bakal terpilih. Ini juga ada hubungannya
sama post gw sebelumnya, roda kehidupan. Ini juga nyangkut sama post
gw yang sebelumnya lagi. Tentang kesabaran, derajat harga diri seorang
cewe. Dan tentu aja inti dari initinya itu waktu. Kesimpulannya,
jangan percaya cowo cowo yang bilang "gw mah cowo, cewe lebih banyak
dari cowo. Ga perlu takut ga kebagian cewe" kadang ini buat cewe cewe
envy juga keknya. Tapi...Allah udah nyiptain kita dengan jodoh kita.
Ga mungkin kita ga punya jodoh. Semuanya cuma masalah waktu. Kaya
kripik kentang yang nasibnya sama, akhirnya gw makan juga, cuma
waktunya yang beda. Jadi, tenang, ga usah jadi cewe gampangan yang
bisa menjalin hubungan dgn cowo model apapun oke.

3. Optimis
Optimis yang gw maksud disini bukan optimis dengan arti sesungguhnya.
Beda, beda banget. Ini optimis yang cuma ngeyakinin kita untuk tetep
tegar, karena terlalu optimis untuk menjalani sebuah hubungan juga
bukannya sembuh dari fobia jatuh cinta. Tapi mungkin akan
mengakibatkan fobia yang lebih mengerikan? Kenapa? Karena terlalu
optimis yang tak terbalas malah bakal bikin kecewa mendalam atau
mungkin trauma yang ujung ujungnya ya fobia tadi.

4. Pesimis
Ko ada yang nyaranin optimis sekarang ada pesimis? Woh iya dong pasti,
optimis dan pesimis memang pasangan yang sangat serasi dalam
kehidupan. Ya jawabannya seperti yang gw bilang diatas. Kita harus
optimis buat bikin tegar, karena ketegaran hati berasal dari niat. Dan
kita harus pesimis untuk dapat mengantisipasi hati kita jatuh kelubang
jahat cinta. Ga ngerti? Maksudnya itu jadi, pesimis disini untuk
menguatkan atau bahasa italynya sih ngajagjagkeun hate, karena dengan
pesimis kita bisa lebih tegar. Dengan memikirkan hal terburuk yang
dapat terjadi dan ga nutup kemungkinan emang kejadian sama hidup kita,
kita bisa lebih kuat. Belum ngerti juga? Gw kasih contoh deh. Emang
yang bisa ngerti blog gw orang orang berIQ tinggi
Gw: *jadian*
Beberapa menit kemudian
Gw: *murung* ngebayangin putus sama si doi.
Cara ini kata gw ampuh, kenapa? Ya kita udah sedih duluan pas pesimis.
Jadi pas bener bener kejadian, ga terlalu sedih, kan air matanya udah
abis diawal. Secara logika sih ini masuk akal, akal pikiran gw.

5. Siap mental
Mental memang poin utama yang harus kita punya saat berani memulai
suatu komitmen, pacaran. Pepatah tentang hal inipun udah terkenal
dimana mana "berani pacaran, berani sakit hati" serem amat ya. Kalo gw
ganti jadi "berani nikah berani mati" bisa ga? Kata gw bisa, kan
pacaran sama nikah naik setingkat, sakit hati sama mati juga lebih
ekstrem mati. Sama sama naik setingkat, dimatematika sih itu bener.
Tau dah kalo di kehidupan nyata hahaha. Nah balik lagi ke topik,
mempersiapkan mental harus banget. Kalo belum siap mental nanti malah
sakit. Fobia deh mau jatuh cinta.

Itulah tips yang gw karang sendiri, mudah mudahan ya relefan dan
bermanfaat buat pembaca setia blog gw yang tentu aja gw promosiin. Gw
cuma berharap gw dengan segala kebacotan gw ini bakal bisa berarti
untuk orang lain, walau cuma separo dari hidupnya kaga apa apa dah.
Asal berarti, ga neko neko. Dan....see you next post ^^

No comments:

Post a Comment