Saturday 25 May 2013

Sederhana Tapi Fatal

Hai, gw yang tadi berapi api sekarang udah mulai lemah, ga berdaya. Gw
demam. Dalam demam gw, gw banyak mikir tentang mati, gw siap kalo
harus mati, secara gw beramal sholeh. Ini sederhana, tapi fatal. Gw
lebih takut sakit hati dibanding mati. Yang gw pikirin banyak banget,
segala hal sampe siapa pemenang x factor, sampe juga ke masalah
kasmarannya gw. Perlu kalian tau gw punya penyakit, terlalu mudah
sayang saat menentukan.

Penyakit ini berbalik lagi pada pembawaan diri sebagai wanita, hanya
saja ya gw ga bisa ngendaliin. Maksudnya, saat gw menjatuhkan pilihan
gw, segimanapun gw ngelak, gw ga mau kehilangan hal itu lagi. Berita
baiknya, gw udah sembuh dari penyakit mati rasa gw. Tapi ya penyakit
klasik tadi dateng menghinggapi gw dengan gagahnya. Gw yang tadinya
gamau mikir pake hati jadi terlalu mudah luluh. Kata kata mampu bikin
gw seneng, tindakan bikin gw senyum. Gw mulai sayang, terlalu cepat
untuk sayang tepatnya. Sebenernya ini bagus, bagus untuk pertemanan
dan hal biasa lainnya. Tapi untuk satu hubungan? Ini bukan pertanda
baik. Maaf ralat, bukan pertanda baik bagi hati, hati gw.

Gw selalu punya alasan untuk satu opini yang gw keluarkan. Gw bilang
ginipun karena gw takut ditinggal. Ini ada hubungannya lagi sama
ketergantungan. Terlalu terbiasa untuk bersama. Gw juga bingung gimana
cara jelasinnya, toh kan cinta juga datengnya gara gara terbiasa. Ini
rumit, horor. Oke biar gw coba. Ga bagus, karena gw pengen sayangnya
gw itu tumbuh seiring waktu, bukan tumbuh saat gw mikirin hal hal
indah, tepatnya lagi bukan tumbuh saat belum tentu perasaan gw
berbalas. Ini bakal lebih buruk daripada harkos. Karena hati kita
sendiri yang terlalu banyak berharap pada yang tak tentu. Banyak cewe
gini, sebenernya definisi harkos juga dateng dari sini, menurut gw.
Makanya segimana si cewe nyepet juga cowonya ngga ngerasa, lah dia
biasa aja. Pihak wanita lah yang salah, terlalu banyak mikir yang
indah indah, dipertegas dengan kata ke PD an.

Ini sederhana, tapi bener bener fatal. Subjek utama penyebab sakit
hati. Mungkin ini juga yang bikin cewe ga pernah sejajar sama cowo.
Oke gw akui ada sosok berbakat yang namanya ibu kartini, emansipasi
wanita. Tapi sampe sekarang gw belum denger ada cewe yang jadi kepala
keluarga. Di islam juga cowo lebih tinggi derajatnya, mereka dapet
julukan "imam" mereka juga dapet jatah warisan tertinggi. Kadang gw
ngerasa ga adil, sebagai cewepun gw masih ga nerima kenapa harus gw
yang nunggu dan cowo yang ambil tindakan. Ini semacam moment alamiah
yang ga memihak gw. Semacam ketidak adilan sosial bidang biologis, gw
ga diperlakukan adil didalam kehidupan bersosial gara gara gw
perempuan. Kedengerannya emang absurd, tapi ini nyatanya. Sederhana
tapi fatal.

Moment absurd selanjutnya keluar dari sifat alami gw sebagai cewe yang
merangkap sebagai penyakit. Kadang kondisi biologis ini menyulitkan gw
dan rekan rekan wanita lainnya. Moment wanita disalahkan atas apa yang
memang kodratnya. Seperti mandul, cowo cowo kadang nganggap selalu
pihak cewe yang salah. Padahal siapa tau dianya aja yang ga suburkan.
Tapi cewe bisa apa? Nangis. Nangis bukan tanda lemah, bukan tanda
meminta belas kasihan, ini tanda dia ga lagi setegar dulu. Yang gw
suka dari nangis adalah menahan tangis, ini sakit. Sederhana tapi
fatal. Menahan tangis yang keliatannya idiot karena buat apa ditahan
tahan jadi yang paling gw kagumi. Ini semacam siluet seorang wanita
yang berusaha tegar disela sela runtuhnya benteng kekuatan. Gw sendiri
pernah ngalamin, gw malu, paling anti sama nangis, apalagi depan
orang. Saat gw dihadapkan dengan sikon gw harus nangis depan orang, gw
berusaha sekuat tenaga, ini sederhana tapi fatal. Ga segampang
keliatannya, saat nahan, dari bagian dada kek ada yang bergerak, kalo
orang tua bilang nyereset, langkah selanjutnya kantung mata memberat,
gw yakin kalo gw ngedip dimomen ini....air mata gw jatuh, dan finalnya
gw klimaks dan mewek sejadi jadinya, tragis.

Balik lagi ke penyakit terlalu cepat sayangnya gw. Gw udah mulai lega,
si doi juga ngerasain hal yang sama, ini semacam bisul pecah tapi
lebih indah. Semacam pengen nangis dan meledak lalu berakhir bahagia.
Semacam naik sepeda ditanjakan lalu nemu pudunan. Indah, kaya bilangan
apapun dibagi 0, tak terdefinisi. Sederhana tapi fatal masih tetep
berlaku, bisa aja senengnya gw ini bisa bikin gw jatuh. Bisa aja
senengnya gw ini ngebawa gw kejurang hitam cinta (lagi). Yang bisa
kita lakuin, cuma tawakal, berusaha memberikan yang terbaik. Walaupun
dalam islam pacaran ngga boleh, tapi pacaran yang dikemas dengan bumbu
islam mungkin bisa dipertimbangkan. Semua tergantung skil individu
dalam menyajikan hidangan hidupnya.

Pesen gw, sebagai wanita yang fitrahnya tak setegar lelaki kita harus
bisa jaga diri. Sebagai wanita yang fitrahnya hanya bisa diam dan
cenderung memendam kita harus punya pendirian. Sebagai wanita yang
fitrahnya menjadi ma'mum kita harus memilih imam yang baik. Sebagai
wanita yang fitrahnya lemah lembut kita harus punya proteksi dan
jangan mudah "kalah". Sederhana tapi fatal, selalu ada dalam kehidupan
kita. Sebagai pencerah dalam hidup, sebagai pewarna dalam hidup, dan
mungkin sebagai cobaan hidup. Sederhana tapi fatal, beware, hati hati,
jaga diri, see you next post ^^

No comments:

Post a Comment