Monday 20 May 2013

IPS program belajar yang layak

Yuhuuu, ini gw lagi karena gw satu satunya admin blog ini. Kali ini gw
lagi bener bener ga setuju sama satu opini. Satu opini dimana bisa
jadi menyudutkan gw dan anak anak senasib lainnya. Tentang program
penjurusan disekolah. Seperti yang kita tau, mayoritas program
penjurusan ada tiga. IPA, IPS, dan bahasa. Lantas apa yang salah? Yang
salah ada pada pandangan orang orang pemuja IPA. Dan gw salah satu
yang kontra untuk hal ini.

Kejadiannya tepat dirumah gw sendiri, saat temen temen tk gw yang
menggelikan dateng kerumah gw. Gw sendiri mati kutu, gw ga pandai basa
basi, dan gw paling males basa basi. Apa daya gw udah ga ketemu mereka
sejak hampir sewindu, lebih malah. Berakhir dengan nasib gw yang ga
baik, gw harus basa basi dengan mereka, memberi mereka snack walaupun
ga sedikitpun disentuh. Gapapa, gw berbudi mulia. Singkat kata, ada
seseorang dari temen tk menggelikan gw yang menggeliat dengan mengolok
ngolok salah satu rekan menggelikan lainnya tentu saja maksud yang
sebenarnya bercanda, tapi ga merenah di pendengaran gw. Inti dari
olokannya dia menggambarkan kalo anak anak IPS itu berkualitas rendah.
Gw pun ga sembarangan ngambil kesimpulan. Tapi disini cukup jelas,
dengan kata "kamu mah otak IPS" gw udah bisa menyimpulkan kalo ada
konotasi negatif disini. Gw kontra. Apa yang salah? Gw punya berbagai
opini untuk menyudutkan IPA, kenapa? Karena IPS lebih layak.

IPA, program ini banyak didamba damba orang orang. Gw ga paham kenapa.
Gw sendiri saat menghadapi penjurusan masuk ke program ini, karena
tentunya otak gw punya IQ yang diatas rata rata. Tapi, gw prefer untuk
ambil program IPS. Bukan perkara mudah loh buat jadi anak IPS. Karena
sebenarnya anak IPS lah penerus bangsa. Alasan gw:
1. Coba, lebih sulit mana? Ilmu mutlak seperti fisika kimia dll atau
sejarah geografi dan ekonomi? Gw dengan tegas milih options kedua.
Kenapa? Hal mutlak kek apa yang dipelajari anak IPA dari zaman firaun
ga jenggotan juga udah kek gitu, ga berubah. Bandingkan dengan
pelajaran program IPS. Contoh: sejarah, ini ga akan bisa kita rubah,
udah aturannya dari sono, oke....ini beda tipis sama hal hal mutlak
tadi. Tapi, jangan lupa dong, dimasa depan, saat gw nulis blog ini
juga merupakan sejarah. Jalan terus, ilmu dinamis bahasa gaulnya.
2. Anak IPS bukan anak anak buangan. Pandangan ini paling banyak orang
orang anut. Lalu, gw yang tadinya masuk IPA terus prefer ke IPS anak
anak buangan juga? Mau diadu? Ayo, gw ga takut. Secara logika juga
anak anak IPS lebih pandai merangkai kata.
3. Ga semua anak IPA itu ideal.
Maksud gw disini, IPA adalah program yang seharusnya lebih menjurus ke
kedokteran, dll. Tapi, anak anak jaman sekarang memilih IPA karena
alasan gaya, agar bisa mengambil program apapun karena program IPA
boleh mengambil program IPS. Gw oke oke aja, tapi pikiran gw ga
setuju. Kalo memang mau ngambil universitas berlabelkan IPS, kenapa ga
ngambil IPS? Hal ini lah yang bikin kualitas sunber daya manusia kita
ngga maju maju. Alasannya jelas, gimana bisa maju sedangkan anak anak
IPA yang seharusnya menggarap program IPA malah nyelonong ke program
IPS? Ini ga efisien. Lalu untuk apa mendalami ilmu selama 3 tahun yang
nanti ga dipake juga? Pikirkan ;)

Masih banyak opini opini gw yang menyangkal berat kalo IPA jauh lebih
baik. Pada dasarnya kita sama. Beda pemahaman. Gw sadar. Tapi pendapat
orang orang yg nganggap IPS jelek bener bener bikin gw ga enak. Gw
anak IPS, dengan pilihan gw, dan visi misi hidup yang jelas. Udah fix,
pasti, terarah.

Mohon maaf buat pihak pihak yang mungkin termasuk atau ngerasa
termasuk disini. Gw ga maksud nyindir lu. Ini cuma opini gw. Lu terima
atau ngga terserah, lu masih manusia, punya hak asasi. Pesen gw gays,
kalo mau buly jangan bawa bawa jurusan deh. IPA juga belum tentu ahli
dibidangnya ;) see you next post ^^

2 comments: