Friday 28 June 2013

Sekelumit Pilu

Selamat malam, blogger. Pikiran gw lagi ngga karuan. Gw gatau gw
kenapa. Gw cuma nyimpulin kalo gw galau tanpa sebab. Tapi gw tau gw
galau, segala hal ga penting juga bikin gw galau. Gw lagi
semanusiawinya manusia. Simpati gw bisa ketarik cuma gara gara hal
sepele. Gw ga bisa acuh. Gw lagi bener bener peduli sama manusia
lainnya. Simplenya hipotesis gw, gw galau mikirin masalah orang.
Semuanya gw tahan, gw pendem. Sampe malem ini, saat dimana gw ga bisa
nahan lagi perasaan aneh ini.

Alkisah gw yang baru pulang liburan tepar banget. Ga ada minat buat
ngapa ngapain. Pengennya diem aja membatu. Tapi bonyok gw ngajak gw ke
tasik. Jelaslah jawaban gw apa. Gw pasti nolak. Gw baru aja pulang
dari tasik mas mas, mbak mbak. Kepentingan gw buat ketasik lagi apaan?
Nganterin bapa gw yang tazkiah sahabatnya? Gw ngerasa ga
berkepentingan. H-1 jam otw, gw masih stay cool terbalut piama. Rambut
gw udah ga karuan, muka gw kucel ga tertandingi. Gw bener bener males
buat bergerak. Sampe akhirnya kebiasaan gw buat mikirin hal hal jelek
kambuh. Gw tiba tiba kebayang meranin tokoh kartun imut yang sebatang
kara, haci. Pikiran gw melesat jauh ngebayangin keluarga gw yang nanti
pergi ke tasik balik lagi cuma nama. Gw jadi dilema, nurutin kemalasan
tiada hentinya gw, apa ikut biar kalaupun ada apa apa gw terlibat
didalamnya. Gw bingung.

Akhirnya, setelah renungan panjang....gw memutuskan buat ikut. Secepat
kilat gw melakukan ritual jumat. Gw potong kuku tangan, kaki gw. Gw
keramas, mandi dengan kecepatan tinggi. Tadaaa, gw berhasil selesai
tepat waktu dan ikut dalam rombongan. Sialnya gw ga bisa nemuin dimana
penyumbat telinga bernada gw. Seketika gw dilanda kegalauan. Tapi
minat gw udah penuh, jadilah gw yang biasa dalem mobil budek
sendirian, bisa denger pembicaraan freak hasil obrolan simple. Berasa
lama banget dari biasanya, mana perut gw udah minta jatah. Ini moment
serba salah. Mau tidur ngga bisa, ga tidur cabikan perut klimaks. Kalo
diukur pake standar kesehatan, laparnya gw udah stadium 4.

Tepat setengah 6 sore kami tiba ditempat, penderitaan gw berakhir
dengan indah. Gw disambut ramah tamah tuan rumah. Gw bener bener
nyaman kalo ketemu manusia tipe ini. Tapi ntah kenapa gw ga bisa
menyulap diri gw sendiri biar jadi manusia kek gini. Gw males basa
basi, pengennya ya ngomong seadanya, sekenanya, semau gw. Perut gwpun
mendapatkan bahan keroyokannya. Cacing cacing usus sudah bersiap dan
hap, gw melahap sajian yang nikmat. Nikmat entah karna lapar atau
emang bawaannya enak. Gw ga paham. Semuanya jalan gitu aja. Gw dan
hati gw tersayangpun masih kalem adem ayem. Sampe pada akhirnya sang
tuan rumah menceritakan details runtuian progres suaminya
menghembuskan nafas terakhir. Gw belum jadi ibu ibu, nikah pun belum,
punya pacarpun kaga, tapi gw iba bingits. Kalo gw jadi dia, gw ga
sanggup.

Ceritanya panjang banget, tapi yang gw serap, dia cinta sangat sama
suaminya itu. Padahal pernikahannya masih seumur buntil menurut gw (
bosen jagung mulu ^^) baru jalan 6 tahun. Rangkaian kata yang dia
susun cukup mendeskripsikan kesedihannya. Gw salut, pedihnya berasa
sampe gw yang orang lain, tapi dia bisa membalut itu semua dibalik
senyum ramah mempesona. Anaknya ada dua biji, yang satu 4,5 tahun.
Satunya lagi 13 bulan. Dan dua anak malang itu udah ga punya bapa. Gw
miris aja liatnya. Apalagi saat anak sulung bercanda sama gw dan
mamerin samsung tabnya. Usai perjalanan panjang gw basa basi sama ntu
anak sambil menin game garing diluar confort zone gw, dia buka foto.
Tangannya asik menggeser layar yang otomatis mengganti tampilan
gambar. Raut wajahnya berubah. Entah meringis atau menyeringai gw
bingung. Tapi kebingungan gw terjawab seiring mata gw yang liat layar.
Itu...foto alm.ayah nya. Gw juga shock. Masih sempet ya ini istrinya
mengabadikan foto suami tercinta dibalik kain putih dandanan khas
manusia yang akan menghuni kamar 1x2m. Itu bocah nyeletuk "takut teh,
hantu" padahal itu bapanya sendiri -_- duh..

Itu bocah belon paham apa apa. Kalo dia tau bapanya ga akan balik lagi
gw perkirakan dia bakal mewek sehari penuh. Lebih malah. Pokonya ini
batin gw berasa disayat sayat gitu. Padahal gw bukan siapa siapanya.
Emang dasar gw manusia kali ya, gw baru bisa bersyukur saat liat
sekelumit pilu hidup yang lain. Perihnya hidup gw, bisa dibilang
manisnya hidup orang lain. Tapi sikon kek gini aja gw udah banyak
ngeluh. Jadi gw harus begimane rrraaah. Serba salah bet yak. Bersyukur
dan ngeluh itu dua hal simple yang saling bertentangan. Ngeluh lebih
punya daya tarik daripada bersyukur. Gw manusia biasa toloooong...

Pahit manisnya idup baru gw jalanin separonya. Tapi gw udah cukup muak
sama hal hal yang merepotkan gw pribadi. Tiada daya upaya dah bahasa
ironinya. Gw harusnya bergaul sama orang orang serba kekurangan kali.
Biar setiap saat gw bisa bersyukur. Hey pembaca, adakah yang dapet
point dari post kali ini? Gw juga bingung. Semacam sia sia gitu ya gw
memperkerjakan jempol indah gw. Kaga ada yang ngerti. Intinya gitu lah
susah banget dijelasin. Pesen gw, marilah kita para remaja nusantara
berhenti mengeluh dan bersyukur setiap saat. Elah, lagaknya gw udah
kek mario teguh ya. Kalo ketara gwnya, ini gw lagi memberikan pose
terbaik gw. "Salam super" see you next post ^^

No comments:

Post a Comment