Wednesday 5 June 2013

Orang Tua Berambisi Anak Terjajah

Hallo, hari ini gw bisa posting karena kebetulan emosi gw lagi
bergejolak. Gw lagi punya opini, terus besok libur jadi lumayan hari
ini gw ga usah pacaran mulu sama LKS. Gw mau post tentang perasaan gw
sebagai anak. Bisa juga disebut unek unek remaja, atau bisa juga
luapan emosi kekesalan anak. Jadi kali ini berhubung gw lagi UKK, pas
gw nyampe ke gubuk gw, gw memulai percakapan kecil sama nyokap gw.
T: mam, teteh ngerjain PG jujur loh
M: oh bagus atuh, harus istimewa ya nilainya
T: ya teteh mah jelek juga gapapa da murni hasil sendiri
M: ya ga bisa gitu nilai bagus mah harga mati
Dari percakapan menyebalkan itulah nyokap gw mulai bercuap cuap
tentang banyak hal yang dalem pemikirannya itu yang paling bener. Gw
anaknya, ga setuju.

Gw sebagai anak remaja biasa, punya nafsu yang bener bener sulit gw
kendaliin. Gw sadar nyokap ngomong gitu demi masa depan gw juga.
Secara, beliau pengennya gw masuk jalur undangan biar ga repot ngantri
lagi. Gw oke oke aja. Tapi gw ga terima dijajah gini. Biar gw jelasin
poin poin yang bikin gw totally disagree.
1. Nyokap gw pengen nilai gw sempurna.
Gw juga pengen, tapi ga nutup kemungkinan dong nilai gw mendadak jelek
karena suatu hal. Disini nyokap gw pasti marah, terus bercuap sampe gw
aja kebal dia cuapin mulu, terlalu sering dicuapin. Gw tau maksudnya
itu baik, biar gw semangat lagi, blablabla. Tapi asli cara kek gini
bener bener ga ngaruh. Gw malah down dan unmood. Yang gw pengen itu
saat nilai gw bagus ya nyokap ngasih gw apresiasi yang indah, kalaupun
jelek dia ga bercuap, tapi ngehargain hasil gw apa adanya, dengan
segala kejelekannya. Ga total dihina gitu, kan pelajaran anak sekarang
susah ga kaya jaman dulu. Hambatannya juga banyak, ada twitterlah, bbm
lah, sms lah, banyak. Zaman nyokap gw kan belon ada ya, kudunya ngerti
dikit, pengennya gw.

2. Zaman kita berbeda
Zaman gw zaman yang susah. Ujian aja udah pake barcode. Ini ga masalah
sebenernya. Ini usaha menjengkelkan pemerintah yang mau pamer iptek.
Mau berusaha meningkatkan taraf pendidikan indonesia. Yang gw ga suka,
nyokap gw suka pamer tentang dirinya sembari ngerendahin adanya gw.
Contoh:
*gw lagi nonton dan nyokap lagi beresin kasur*
M: teeh!!!
T: apa mam?
M: beberes atuh peka kamu teh mamah mah da zaman dulu nenek ga pernah
beresin kamar. Ku mamah we diberesin. Umur segede teteh mah, mamah
udah bisa bantu nenek. Ai teteh gini terus
T: *hening*
Mungkin ilustrasi ini ga terlalu jelas. Biar gw jelasin lagi. Kalo ada
diantara lu pade ada yang nganggap nyokap gw beresin kamar gw itu
salah. Nyokap lagi beresin kamarnya sendiri, lah terus urusan gw apa
kan? Gw bingung. Ditambah lagi omelannya nyuruh gw buat beberes
sementara kamar gw udah indah tertata. Yang paling bikin gw bingung,
gw punya pembantu, dia digaji kan, dikasih upah, terus itu gaji buta
gitu? Kalo ga ada pembantu mah gw juga udah kerja rodi dari tadi, kaya
jaman jaman abis lebaran gitu. Kan para pembokat serempak mudik. Oh
iya sistem didikan nyokap gw juga ga gw paham. Disatu sikon beliau ga
bolehin gw kerja, cuma minta gw belajar. Di sikon lainnya dia
ngejatuhin citra gw kek tadi. Makanya gw muak banget kalo setelah bagi
rapot dan nilai gw ga bisa bikin beliau puas. Pasti beliau bilang
"mamah kurang apa, teteh mau apa mamah turut. Mamah mah cuma minta
teteh belajar aja tapi hasilnya masih ga maksimal" kocaknya beliau
semacam ga sadar gitu pernah marahin gw kaya ilustrasi diatas. Gw cuma
bisa pura pura menyesali dan membuat janji yang belum tentu bisa gw
tepati "semester nanti mah ga akan lagi ko" ucap gw kalem..

3. Kebanggaan merangkap beban
Dari cuapan nyokap gw yang awalnya dari banyolan singkat gw itu,
nyokap jadi ga karuan. Masa iya tugas yang emang kewajiban dia dipamer
pamerin ke gw? Beliau marah gitu "emang sekolah teh ga mahal? Mamah
cape cape cari uang buat bayar sekolah masa nilai tetehnya jelek" gw
paham, gw paham. Tapi gw remaja, wajarkan kalo gw berontak. Pengen bet
gw bilang nyokap jangan banggain apa yang jadi bebannya. Tapi gw ga
bisa, gw masih menghormati nyokap gw. Gw cuma ga suka dia banggain
diri gitu, itukan emang udah tugasnya dia, apa yang harusnya dia
lakuin. Lagipula kalo boleh jujur gw prefer langsung kerja daripada
harus sekolah yang katanya bikin nyokap terbebani. Gw aja gatau kenapa
gw harus sekolah. Okelah ya buat masa depan. Tapi ini basi, mana ga
efisien. Seubrek pelajaran yang dikuasai nantinya cuma jadi secabang
doang yang harus bener bener dikuasain, pelajaran yang nyangkut sama
kerjaan kita nanti. Kalo ada yang nyangkal ini dilakuin buat
meningkatkan sumber daya manusia, gw sangkal lagi. Kalo ada jalan yang
lebih simpel buat apa ambil yang ribet? Toh nanti juga wawasan umum
bisa kita dapet dengan otomatis seiring bertambahnya usia. Lalu apa?
Pertanyaan gw sendiri ga bisa gw jawab.

4. Tugas pelajar itu belajar
Nyokap gw selalu mengulang ulang untaian kata ini. Semakin diulangin
bukan gw semakin paham apa artinya. Gw semakin ga peduli, makin males,
makin bosen jadi pelajar. Gw ga jarang mengungkap kan opini gw sama
nyokap, tapi ya nyokap mana yang mau keliatan lemah depan bocahnya?
Nyokap gw bela diri abis abisan. Gini
M: tugas pelajar itu belajar
T: sumpek kali belajar terus
M: ya ngga atuh belajar itu menyenangkan
T: woh, tiap orang beda. Kata teteh ga gitu
M: teteh aja yang ga punya semangat
T: *mengheningkancipta*
Bukannya banggain diri, tapi gw salah satu anak yang punya sindrom
seneng beropini. Selalu angkat suara kalo ada sesuatu yang ga srek
sama diri gw. Disekolah gw ga pernah kalah, dalam berpendapat gw ga
pernah kehabisan akal, tapi lawan nyokap gw? Gw akuin, dia ratu dari
segala alibi yang ada. Gw cuma bosen kalo belajar terus terusan, gw
pengen bebas, gw ga akan lepas tanggung jawab, tapi gw bakal belajar
kalo gw siap, saat gw pengen. Momen ini bakal bener bener langka, tapi
ini lebih baik dan jauh lebih baik daripada disuruh belajar. Karena ya
gatau kenapa kalo disuruh belajar sugesti gw itu ga bagus, mood gw
langsung turun. Gw pelajar, ga suka dipaksa.

5. Hp terus mamah ga suka
Hai, megang hp bukan berarti main hp kali ya? Megang doang, ngecek apa
ada yang ngehubungi atau stay ngebangke. Oke lah banyak banget
aktifitas hidup gw yang ngelibatin hp. Sepintas dipikiran gw suka
muncul "kalo ga ada hp gw gimana ya" dan nyokap gw menganggap itu
sebagai penuhanan terhadap hp. Sampe gw disuruh mesantren takut akidah
gw terganggu katanya ._. Ini absurd banget. Gw ga menuhankan hp, tapi
separuh hidup gw memang ada di hp. Dibilang tergantung sih ngga tapi
hp itu kaya kopi, bikin kecanduan. Gw bisa ga ada hp, cuma ada sesuatu
yang kurang gitu. Bahasa gaulnya mah hp gw pelengkap hidup gw. Semacam
itu lah. Ga ada kepentingan pun suka geli aja pengen megang, liat liat
foto, denger lagu, iseng liat twit orang. Gimana lagi, gw remaja
biasa. Tapi percaya, akal pikiran gw masih oke banget. Gw tau ko mana
yang harus gw prioritasin lebih dulu. Gw cuma belum pandai mengolah
waktu, proses buat pandai mengolah waktu. Gw cuma suka tergoda buat
hal hal sepele kaya tadi. Tapi gw tau mana yang harus gw prioritaskan
dulu, gw tau.

6. Pelajar yang bersemangat jangan males malesan.
Ini ceritanya gw tidur dari jam 3 sampe set.6. Nyokap gw bilang gw
males malesan. Padahal gw kecapean. Gw pencinta tidur tapi susah untuk
tidur. Cuma selama UKK ini aja gatau kenapa gw rutin tidur sepulang gw
sekolah. Hypostesis gw sih pengaruh kebanyakan baca soal, 3 mata
pelajaran tiap hari. Rata rata soal 40 PG dan 5 uraian. Belum lagi
ngisi identitasnya, kecanggihan teknologi berupa kemunculan scanner
cukup membuat tangan gw pegel ngisi titik titik item yang simpel tapi
melelahkan. Belum lagi essay, kalo gw tau jawabannya pasti gw semacam
bikin cerpen, dibuat sedemikian rupa buat nambah nambah poin kalopun
salah masa iya ga dikasih nilai, kalo gw jadi guru sih bakal ngasih
nilai, buruh buat gw yang udah nulis susah payah. Panasnya hawa, jenuh
dijalan sama macet, kalo menurut gw wajar kecapean, semua aktifitas
punya titik lelahnya tersendiri.

Masih banyak pemikiran biadab gw, tapi kalo gw post sekaligus nanti
blog gw ga indah. Malah lebih pantes dibilang surat kabar. Kan miris.
Jadi segini dulu unek unek gw. Intinya sebagai pelajar gw sadar bener
belajar itu penting. Sebagai pelajar gw tau apa yang harus gw lakuin.
Tapi sebagai pelajar juga gw mau dingertiin. Sebagai pelajar gw ga
suka dituntut macem macem. Sebagai pelajar gw lebih suka ngalir kek
air, tanpa paksaan. Dear para orang tua, tolong berhenti menuntut, gw
tau beban kalian banyak, gw tau kalian banyak masalah, tapi gw juga
punya masalah gw sendiri, dalam status gw sebagai pelajar. Pelajar
butuh pengertian, hidup pelajar muda indonesia! See you next post ^^
semoga hasil UKK gw bagus ya. Amin

No comments:

Post a Comment