Sunday 9 June 2013

Ritual Balikan

Hai, lu pada harus tau gw udah beres UKK dan bebas banget. Belum bebas
banget sih, masih stuck nunggu gw ada yang remed atau ngga. Ini
semacam nunggu ditembak, kalo gw remed, berarti gw diharkosin. Gw mau
bahas tentang sesuatu yang najis tralala buat gw. Balikan. Gw mau
bahas ini gara gara tadi malem pas gw melakukan kebiasaan gw sebagai
makhluk nocturnal, ada temen gw yang cerita tentang ini. Walaupun gw
kena gejala antipati sosial, gw ngerasa simpati sama temen gw. Miris,
naas, tragis, kasian. Kalo lu gatau apa itu antipati sosial,
sebenernya gw juga gatau. Itu ada disalah satu pilihan ganda sosiologi
pas gw UKK ._.

Pertama tama mari kita mengenal apa itu balikan. Karena tak kenal maka
tak sayang. Tak sayang maka tak kenal. Balikan itu menurut gw semacam
tindak pola manusia yang sudah pernah berkomitmen dan memutuskan untuk
melepas komitmen tapi berkomitmen lagi. Ini ga cuma dialami remaja
remaja atau makhluk makhluk yang belon nikah, yang udah nikahpun bisa
balikan, tapi istilah terkenalnya "rujuk". Gw pun ga lepas dari
pengalaman ini. Gw pernah bolak balik balikan. Itu saat gw dalam masa
masa suram gw. Sebut aja sama mr.x. Saat putus terus kecewa ga jarang
mr.x melontarkan kata kata ngga berkeprikatakataan ke gw. Gw serontak
pasti sakit, ga jarang gw bales kata kata itu, kadang lebih tajem,
kadang juga sedikit dipertumpul karena gw masih berharap itu putus
ngga jadi. Tapi alhasil kami putus dan ga kontak lagi.

Beberapa hari kemudian, kadang gw geli, ga tahan nahan gejolak
kangennya gw. Kadang gw berhasil nahan, kadang juga gw gagal.
Tergantung gimana antibodi gw terhadap cinta. Tapi kebanyakan ya gw
gagal, dengan hasil balikan lagi. Sekarang gw udah sadar dan bangun
dari tidur hina gw. Gw benci balikan. Gw selalu punya opini buat satu
statement yang gw ungkapin.
1. Balikan itu menjijikan
Kalo di ibaratkan, si mantan itu ludah kita. Udah putus ya kita
buang, terus pas balikan? Ludah itu kita ambil lagi, kita jilat
sendiri. Kalo ada yang baru kenapa harus ambil yang lama? Memutuskan
silaturahmi itu jangan, yang gw maksud disini cuma jangan punya
hubungan yang mengarah ke balikan, sama orang yang pernah kita buang
dihidup kita.

2. Balikan itu ga sehat
Gw yang pernah balikan berkali kali putus nyambung bener bener sadar
ini ga sehat. Balikan secara ga langsung memupuk perasaan
ketergantungan. Opini gw disini jelas. Saat kita bergantung sama
makhluk, jangan harap bahagia. Karena makhluk serba kekurangan, ga
setiap saat bisa nurutin apa yang kita harap. Alhasil, kita patah hati
lagi.

3. Balikan ajang melepas kesepian
Ini dari pengalaman gw juga nih, gw kadang kesepian saat gw putus. Hp
secanggih apapun mendadak bangke. Itu hp udah ga jauh beda sama remote
tv dirumah gw, malah remote tv lebih dominan gw pegang daripada itu
hp. Saat saat kaya gini gw suka lemah, gw pengen smsan, gw pengen
bbman, gw sms si doi. Nanya hal hal ga penting, so so baik walau gw
tau si doi udah tau sisi gelap gw, sikap buruk gw, dan akhirnya ngasih
code code alay ke si doi. Contoh.
T: pagiii
D: pagi juga, ada apa mi?
T: ngga, gapapa ko. Ga kemana mana?
D: ngga ah males nih macet
T: tapi kalo dihati kamu ga macetkan?
D: balikan yu
Semacam itu lah, gw jelmaan cewe penghibur kali ya. Kalo sepi gw udah
buta, segala hal gw lakuin. Tapi jangan kaget sob, ini dulu. Gw yang
sekarang udah normal dan benci yang namanya balikan. Singkatnya
balikan bisa dibilang cocok banget buat makhluk makhluk yang dateng
cuma saat ada butuhnya. Jadi, masih mau dimanfaatkan tersirat? Itu
pilihan lu ;)

4. Balikan untuk para manusia labil
Disini gw ga memungkiri gw juga labil, gw akui. Ini salah satu
kelemahan remaja, belum pandai membina perasaan. Masih terbelenggu
dalam pikiran sehat dan kemampuan hati. Kadang akal sehat bilang
"ngga" tapi hati bersikeras mempertahankan. Kadang juga kebalikan. Ini
penyakit remaja, normal. Mungkin juga dialami orang dewasa, gw gatau,
gw belum dewasa. Salah satu yang gw alami ada dimanapun saat gw
membina hubungan. Saat pdkt entah kenapa berasa lebih indah, lebih
kena, lebih menyentuh. Malah saat pdkt gw yang mendominasi percakapan,
kadang gw ngasih kode alay, kadang gw seneng tanpa sebab, banyak,
macem macem. Tapi saat kata sakral itu terucap, mood gw berubah
mendadak. Gw unmood, gw ga lagi minat. Hubungannya sama balikan, saat
kaya gini gw setengah hati, tapi gw gamau kehilangan dia. Jadi semacam
pepatah "sama sama enggan putuspun tak mau" pengalaman gw disini saat
gw terlanjur putus, gw masih kalem dan adem ayem. Nah saat si doi udah
moveon, gw galau luar biasa. Gw gamau kehilangan fans, gw berusaha
balikan lagi. Jadi gw simpulin balikan hanya untuk manusia labil, kita
semua memang labil, tapi coba memanage ga salah kan?

5. Balikan mengulang kesakitan
Menurut gw tiap putus pasti ada sisi sakitnya sendiri, sisi saat kita
dikecewakan. Memang ada dua tipe manusia, yang terus mengenang
kesakitan dan yang kebal menahan sakit bahkan mungkin sangat mudah
move on. Tapi gw ngerasa gw tipe orang pemendam, gw susah melupakan
apa yang udah terjadi. Balikan ini diawal bakal indah kaya awal
pacaran. Saat gw balikan si doi suka bilang "kita ulang dari awal ya
yang, pake hati baru, aku janji ga akan ngecewain" tapi akhirnya gw
kecewa lagi. Bukan doi gw yang ga bertanggung jawab, gw udah bilang.
"Makhluk ga akan bisa menuhin apa yang kita mau disikon apapun, karena
makhluk serba kekurangan dan ga ada yang sempurna" saat ketidak
sempurnaan itu dateng, kita bakal patah hati lagi. Mengulang kesakitan
yang ada.

Jadi inti dari segala intinya, gw pribadi nge forbid diri gw buat
balikan. Dari options options diatas tentu aja lu bisa menggunakan hak
veto lu sebagai manusia. Hak menerima pendapat, menentang atau stay
cool setuju setuju aja. Pesen gw, buat orang orang yang balikan mulu,
inget kesakitan yang dialami saat balikan. Istilah susah, ga bisa,
terlanjur sayang itu basi. Segala hal kalo diusahain pasti bisa
lakuin. Tergantung niat, gimana diri lu juga. Kalo lu mau lu pasti
bisa. Mau yang lama atau yang baru? Mau disakiti atau disayangi? Masih
mau dimanfaatkan tersirat? Masih mau mengulang sakit hati? Itu pilihan
lu. See you next post ^^

No comments:

Post a Comment