Wednesday 10 July 2013

Perhatian...Bukan Materil

Hallo sahabat tami :D wakaka, ini gw udah mabok aja. Oleng kapten. Gw kali ini posting di android gw. Walaupun tipe lama, hp begini belon pernah ngecewain gw. Ga kaya belekberi gw ntu, gangguan aja terus. Sialnya banyak banget yang ngirim broadcastmessage. Katanya sih bisa memulihkan keeroran. Gw cuma geleng kepala smartphone for smartpeople berasa lawak.





Gays, kali ini gw mau ngirim salam salam pada kerabat gw. Elah, kaga lah. Gw mau bahas seputar orangtua. Ceritanya tadi pagi (baca:set.11) gw joging sama nyokap dan umi tercinta. Tar tar tar, ada info hidup gw yang terlewat. Gw beli kelinci looh. Bukan peliharaan abal abal lagi. Kemaren kemarenkan gw beli yang murah. Ini si kelinci aga mahal dikit. Jenis fuzzylop, yang telinganya kek patah gitu. Bulunya mantap. Ini penampakan kelinci baru anggota keluarga gw.

Berhubung dia cowo dan gw ga kreatif, gw namakan dia boy. Kalo gambarnya kaga pas dibawah tulisan ini sori sori ye, maklumin. Gw blogger kelas impun dengan fasilitas minim. Tragisnya. Oke lanjut, selama joging itu umi, nyokap gw ngobrol gitu. Bukan salah gw kalo gw nguping. Nah, mereka ngomongin salah seorang anggota keluarga. Parah bener seriusan, waktu tanggal 5 juli kemaren umi gw ulangtaun pernikahan dia kaga tau!!! Gw yang bener bener sayang sama umi gendok setengah mati. Dia tuh difasilitasin, apa apa dikasih. Ulangtaun pasti dikasih kado sama umi gw. Lah masa umi gw ultah kaga tau? Katanya dia terlalu sibuk katanya. Manusia macam gini udah pengen gw sedot aja itu ubun ubun -,- intinya, darisitu gw tau. Orangtua juga sama kek kite kite. Punya harapan. Punya keinginan, yang bersangkutan sama kita anaknya.
Berhubung gw blogger yang baik. Gw bakal bahas nih, seperti biasa. Pake point point merangkap paragraf. Gw orangnya details sih...~

1. Sekaya apapun orangtua berharap diberi
Bukan diberi ngemis ngemis gitu ye, ini dari cerita umi gw juga. Gini, katanya pernah dahulu kala beliau sama suami tercinta papasan mobil sama anaknya. Nah, sang suami nanya
A: rek kamarananya?
U: hari minggu atuh ameng mereunan
Sampe sini biasa aja yak? Padahal....ternyata abi gw ngarep oleh oleh dari anaknya yang papasan tadi. Ketauannya tuh begini
U: sok sok geura tutup pager
A: kela, bisi aya **u* nyimpangkeun oleh oleh
Kalian dapet sisi mirisnya ga? Ada seorang bapa seakan berharap anaknya inget sama dia. Tapi...ternyata sang anak ga inget dan jawab kalem "naon atuh kanggo umi abi mah da tos sagala aya"

2. Butuh Perhatian
Dipoint ini gw simpulin dari cerita diatas juga. Gw tau bener abi gw punya banyak makanan dirumahnya. Kenapa masih ngarep dikasih? Bukan banyak sedikit yang dia pengen. Istilahnya kalaupun cuma ngasih bala bala sebiji, seengganya merhatiin.

3. Serba Berkecukupan? Tenaga deh kasih
Tadi ada istilah "apa atuh bingung buat umi abi mah, da udah banyak" kalo kek begini, tunjukin perhatian pake tenaga. Bukan jadi babu ini tuh. Misal, kalo umi mau kemana mana....tawarkan jasa mengantar. Kek gw gini. Kalo umi gw ribet mau bungkus oleh oleh...bantuin. Jangan seenak perut aja dateng pergi sesukanya. Kalo lu bebek, gw maklum. Berhubung lu manusia, kek begitu lagi gw banting.

4. Orangtua Menghargai Keiklasan yang "wajar"
Kenapa disini gw mengutipi kata wajar? Soalnya begini, ceritanya umi abi gw umrah. Semua anaknya ngasih"bekel" itupun semampu mereka. Ga gede, tapi pasti umi gw seneng. Ga bakalan liat nominal, dia cuma seneng, anaknya perhatian. Ada bales budi lah istilahnya, walaupun budi orangtua dibayar pake apapun ga bakal lunas. Nah, lagi lagi anaknya yang daritadi diceritain ga ngebekelin. Dengan alasan yang sama. Katanya umi abi gw mampu. Iya sih mampu. Tapi pandangan umi ke mereka jadi amoral pan ya. Iklas sih iklas, segimana niatnya. Tapi yang lain ngasih dia kaga...apa kaga malu? .....

5. Alihfungsi Perhatian
Saat kita dewasa kelak, otomatis bokap nyokap makin tua. Ada yang bilang, katanya makin tua itu balik lagi ke bayi. Makan harus disuapin, bla bla bla. Disini tugas kita bukan masukin mereka ke panti jompo. Ini yang mereka tunggu. Gimana hasil didik mereka bertahun tahun? Apa berhasil ke anaknya? Apa anaknya peduli? Peran penting kita sebagai anak tuh ini. Saat saat genting orang tua membutuhkan.

Yang gw cerna sih segitu. Semuanya balik lagi ke kalian para pembaca. Intinya hidup itu harus take and give. Saling memberi dan menerima. Biar keliatan pinter gw pake juga nih istilah IPA simbiosis mutualisme. Saling menguntungkan. See you next post ^^ gimana? Tampilan blog gw jadi rada bagusan ga? Ditunggu mentionnya di @tamsnu babaaay. Itu kalo fotonya keliatan ada potret kemesraan gw dan ade gw yang bungsu. Imut yaaak

No comments:

Post a Comment