Monday 10 March 2014

Tami, Calon Mahasiswi yang Tryout ae Ndak di Isi

   Hae rakyat rakyatku yang kucintai dengan sepenuh hati. Tami in the house yoo!
Haaaah, kalian kudu tau. Gua mau UN, ini udah bukan stress lagi gaes. Ini Maha stress. Gua stress banget parah. Apa apa yang gua pikirin UN, gua lagi makan UN, gua lagi pipis UN, gua lagi mimpi UN, maka dari itu gua berhypotesa kalo gua jatuh hati pada UN. Tenggelam dalam satu namanya -_-




    Kalian pada tau UN kaga? UN itu....
Ujian Niron
Ujian Naro buku
Atau mungkin nama belakang gua, Selviani Nurul UNami. ASS'ALAMU'ALAIKUM BU AJI...

   Ujian Nasional, ini kebijakan dari yang maha mulia mentri pendidikan kita. Katanya sih buat meningkatkan taraf pendidikan Indonesia. Katanya. Nyatanya? Peluang bisnis dimana-mana. Mau pake 20 paket kek, pake 50 paket, bodo amat. Kaga ngaruh bu, pak. Yang dagang kunci pasti ada, biasanya sih pinggir jalan gitu abaikan. Bu, pak....Tami ga sanggup kalo harus ujian. Tami pengennya jadi penguji. Boleh ya bu? Pak?
*brb ditabokin*

   Ibu, Bapak yang saya cintai...
Kesuksesan tidak ditentukan oleh nilai, tapi mengapa pelajar kala ini dikudeta oleh nilai?

Kejujuran nomor 1, Kejujuran segalanya, tapi apa pernah yang jujur dengan nilai kecil lebih diperjuangkan? 

  Bapak, ibu...jika kejujuran jadi sesulit itu hambapun enggan jadi orang jujur. 

  Gua kontra sama adanya UN, itu beban banget. Iya si cuma tinggal milih jawaban yang benernya doang. Masalah utamanya, jawaban salah aja gua kalang kabut. Begimana mau pilih jawaban bener? Mati Tami di koyak materi. 

  Mungkin akan ada beberapa orang tua atau siapapun yang pro dengan UN yang maha bijaksana ini beranggapan "salah siapa? makanya belajar" Tapi nona, tidak sesederhana itu. Tami pelajar masa kini tidak hanya dibebani perihal ujian nasional. Tugas-tugas unmanusiawipun tak luput dari keseharian. Pemantapan yang seharusnya di tekuni jauh jauh hari hanya jadi semata-mata teori. 

   Gua capek, seolah olah gua yang paling bego. Tiap gua tanya sama guru, "bu, gimana caranya bisa hapal?" paling wanter dijawab ya gitu gitu aja, ga gimana gimana. Sejak saat itu, gua sebagai remaja dalam tahap game stage mulai menghafalkan ya gitu gitu aja, ga gimana gimana dalam setiap materi yang gua selami. Tapi pas tryout, kaga ada noh jawaban ya gitu gitu aja, ga gimana gimana. Kemudian gua jadi gila.

  "Bu, susah atuh gimana..." 
Lalu dengan tenangnya menjawab "dipelajari mah ga ada yang susah, kalo niat pasti ada jalan. Ibu aja bisa" MasyaAllah, greget dah gua mah. Coba gua tanya, ibu ngajar pelajaran apa? Udah berapa taun? Satu pelajarankan? dan rata rata udah lebih dari 5 taun. YAKALI BU, GUA BARU BELAJAR BENTARAN LAGIAN BUKAN ITU DOANG. 

  Ehm...*benerin dasi* pencitraan gua sebagai presiden rusak ye? Maaf dah, gua udah ga tahan. UN bener bener lagi mendominasi idup gua. Gua pengen bet cepet cepet lulus, tapi kaga mau ada UN. Langsung kuliah aja bisa gak? 

  UN itu ndak efektif, ngabisin kertas. Bukannya bikin tambah pinter malah bikin tekanan psikis. Gua sakit, sakit otak. Otak gua berontak. Dia kena syndrom lepehisasi dimana tiap gua belajar materi pasti dikeluarin lagi. Dilepeh. 

  Gua mau cerita ae nih ya....
Besok gua udah mulai ujian praktek. Mending kalo dipermudah. Ini aroma aromanya udah kaga merenah. Bahasa Jepang disuruh mengarang. Terus si guru bilang "pasti bisa ko" depan gua yang kaga tau apa apa. You know what i mean gak? Kayak dibilang  jangan berdarah pas jari keiris piso. Kayak jangan basah padahal lo ujan ujanan ditengah sawah. Gua salut sama itu guru, dia bisa bikin gua kalut. 

  Seni budaya, dari gua kelas 1 SMA sampe gua jadi sesepuh di SMA. Ini pelajaran kaga rubah rubah. Kalo kaga bikin makalah disuruh bikin kerajinan. Iya gampang tinggal bikin doang. Perkara utamanya, gua ga ahli dibidang seni. Gua tau sih, gua emang manusia berbakat nomor 1 se.....-republik tami. Tapi gua bisa apa geng? Ngegaris pake penggaris ae masih miring udah belaga mau bikin poster, seni kriya dll. Dan sekarang, guru gua betingkah lagi, gua disuruh bikin karya ilmiah. Helow, cuma karya ilmiah bu? Ga ada yang lebih berat gitu? Tami, manusia paling tangguh sejagad raya. Masa dikasih tugas kek begitu doang? (baca: gusti paringono ampun bu, susah ibu, ibu.....bu! ibu.....*sujud*)

  Jujur, yang jadi problem bukan karya ilmiahnya. Kayak gitu doang mah udah cemilan gua sehari hari. Masalahnya ada di kelompok gua. Pernah gak sih lu berusaha ikhlas tapi ga bisa? Pernah gak sih lu lelah tapi yang lain kaga? Pernah gak sih lu doang yang kerja tapi yang lain tetep sama? 

  Gua yang repot, gua yang kepikiran, gua yang ngebatin, gua juga yang ngerjain. Bunuh aku bu, bunuh.
Bukan cuma itu, nyokap gua juga lagi rewel bet. Gua buka laptop ae dikiranya ngapain. Udah tau ini anaknya sedang di razam pendidikan. Dalam ke-jangar-an gua, nyokap masih "teh geura belajar kamu teh!" sementara gua memang sedang mengerjakan sesuatu yang diluar titik senang gua. Rasanya udah kek ditikam. Ga ada yang ngerti.



  Itu tadi gua dengan kekuatan super ala ustad ustad yang lemparin tasbe di indosiar. Objeknya diganti jadi bis biar ketara lebih macho. Ini posting paan c tam, kaga ada bagus bagusnya =)) 
Udah ah, Tami mau belajar. Tamikan anak baik dan berbudi pekerti tinggi. Tapi, walaupun begitu kalian jangan jadikan aku suri tauladan kalian ya.

   See you next post dah, makasih udah baca. Kalian masuk Book of Record orang ter....gadag sedunia. Posting kayak beginian dibaca masa. Yu ah, let's sleeping beauty tapi bangun bangun udah kayak troll di harry potter. Fyi, gua kangen masa masa dulu, saat gua masih dirahim ibu. Tenang, ga ada beban. Oit, post selanjutnya gua mau post balesan surat gua buat Radi yaaa, yang sebelum posting ini. Kalo yang belom baca, boleh dah dibaca. Itu aga mendingan dibanding posting yang ini. Taminya lagi jadi sang pujangga. Babaaaay^^





3 comments: