Thursday 26 December 2013

Ketika Lu Punya Temen Bermasalah

   Selamat siang kawan blogger. Mmm, gua kali ini mau main mainstream. Gua mau ngikutin kemana arah jemari gua bergegas. Apa yang ada diunek unek gua saat ini. Apa yang ramai jadi perbincangan atau bahkan apa yang dianggap tabu sama orang orang. Then...ya gua mau bahas tentang kenakalan remaja. Bukan jenis jenis kenakalan remaja yang bakal gua bahas, mungkin lebih ke gimana menghadapi perilaku temen yang menyimpang kalo lu punya temen yang aga aga miring. Yap, check it out..




    Menurut gua sih ini normal ya, karena...dalam sebuah pergaulan itu gak semuanya normal. Memang temen yang ga normal itu harus ada. Bahkan sudah ditakdirkan ada. Temen kek gini bisa untuk memperhangat suasana. Biar lu sama temen temen lu yang lain punya topik obrolan. Woles dulu, gua ga menganjurkan lu untuk ngomongin orang....cuma ya, kalo orang itu minta untuk diomongin, kenapa nggak?

       **
 "minta diomongin gimana tam?"
 ya misalnya aja lu punya temen, udah lu omongin. Bahkan bukan cuma lu yang ngomongin. Terus doi tetep aja berbuat seenak betisnya. Itu berarti...dia minta lu diomongin. Hypotesa gua sih orang kek gini punya kecenderungan ingin diperhatikan untuk menutupi bagian dirinya yang kurang. Ga paham? tar gua bahas yaps
     
      ** 

   Ini adalah moment lu bakal ngerasa raisa banget, serba salah. Termasuk gua kali ini. Gua ceritanya dapet wahyu gitu dari guru bk gua buat ngasih wejangan anak anak yang aga aga kurang lurus. Nah, yang gua bingung....setelah gua melakukannya. Itu orang yang gua nasehatin malah kek jin tomang, tobatnya tobat sambel. Gua juga sadar ko gua bukan orang yang sempurna. Gua masih banyak kesalahan. Bahkan mungkin ngingetin temen gua juga sesuatu yang salah. Mungkin ada orang orang yang bakal mencibir gua dibelakang kalo gua ini demen sama apa yang kontrafersial. Oke, gua ga menyangkal. Gua emang demen komenin orang. Tapi dengan alasan alasan yang rasional.  Alasan alasan yang bisa gua pertanggung jawabkan.

   Disaat kayak gini lu bakal bener bener botak. Orang ga ada yang sama. Saat gua nasehatin, ada yang bilang kasian lah, biarinlah, inilah, itulah. Tapi begitu didiemin? dicibir juga, kamfret.....lu maunya apa sih manusiaaaa *tereak*

   Bagi lu yang bilang kasian, gua kasih tau. Lu kasian atas dasar apa? kemanusiaan? lu ngasianin dia dengan dasar kemanusiaan sedangkan dia udah ga manusiawi? oke *mangutmangut* lu anggap dia temen lu kaga? kalo emang iya, lu harusnya lebih kasian kalo dia tetep kayak gitu. Jalan keluarnya? ya tega kaga tega lu kudu bisa nasehatin dia. Kalo nasehatin biasa udah kaga mental, mungkin lu kudu nasehatin dengan cara yang lebih ekstrim. Bikin dia malu misal, kalo dia udah gatau malu? ini tinggal urusan dia sama tuhan.

   Ada juga yang bilang, yaudahlah masing masing aja gua aga lebih prefer sama yang ini. Masing masing. Tapi jangan plinplan bro, kalo masing masing wes-ya bener bener masing masing. Jangan bilangnya masing masing tapi lu omongin juga. Orang yang beraninya ngomong dibelakang mah apaan, ngomong ya didepannya. Tatap matanya. Langsung ke orangnya.

   terus yang paling tepat gimana dong?
Yang paling tepat, jangan punya temen kek gini, elah

   gua gaminta punya temen menyimpang ko tam
Yaudah, mungkin ini salah satu ujian agar lu bisa tau mana yang bener mana yang salah

  gimana kalo gua terjerumus?
Nah, ini tugas lu buat ga ikut ikutan terjerumus

  Ada lagi yang bilang nakal itu hak asasi. Kalo lu belajar sosiologi, kenalakan itu ada primer ada sekunder ada tersier. Boleh jadi diabaikan, dijadiin budaya. Itu pilihan lu. Tapi logikanya, kalo yang kecil aja dijadiiin budaya begimana yang gede? Bukannya mencegah lebih baik dari mengobati? Bukannya temen temen ada itu untuk instropeksi? Bukannya pergaulan dijadikan tolak ukur kemampuan bersosialisasi? Bukannya agama kita mengingatkan kita untuk saling mengingatkan? hah?

       **

   ya biar aja kali, bukan urusan lu juga kan tam
 Ini emang bukan urusan gua secara personal, generalnya? ini masuk urusan gua

   emang lu dirugiin sama yang menyimpang itu?
Kaga, gua bahkan ga dapet royalti untuk ngingetin orang semacem dia. Cuma ya, kalo memang dia punya hak untuk nakal, gua juga punya hak untuk menyangkal dong? Samaruk lu gua ga terganggu dengan akun akun medianya? Samaruk lu gua ga males denger berita tentang dia?

  itu mah gampang keles, tinggal lu unfollow aja
Udah ya mbak, udah gua unfollow. Gua bahkan ga pengen lagi denger berita tentang dia. Tapi fitrahnya? Orang orang laporan ke gua tentang apa yang diliatnya. Terus L pikir W bakal diem? W bakal menikmati masa masa SMA W yang bentar lagi berakhir dengan kek gini? K-a-g-a

  terus mau lu apaan tam? 
Gua mau menjalankan misi terakhir, peringatan tegas. Toh yang gua hadapi ini pergaulan yang salah dalam segala bidang. Agama dia melenceng, sosialnya juga salah, melanggar norma norma dah.

     **
  Oke saatnya gua bahas yang tadi diatas orang kek gini punya kecenderungan ingin diperhatikan untuk menutupi bagian dirinya yang kurang.

Setelah gua berdiskusi dengan seseorang yang gua percaya sudah sangat handal dengan apa yang namanya kenakalan remaja, gua jadi tau. Anak anak nakal itu kadang nakal cuma buat nunjukin siapa dirinya. Cuma buat diakui. Cuma buat dianggap ada. Bahkan ga jarang anak anak yang nakal ini termasuk golongan tidak mampu. Maksud tidak mampu gua disini dalam tahap pas-pasan. Kenapa mereka kayak gini? ya itu tadi, untuk menutupi kekurangannya. Mau menyangkal? silahkan...tapi ini real dari sisi psikologi, ga percaya? boleh dah lu hubungin guru BK lu masing masing ^^

  Sekarang, gua mau memberi lu gambaran permasalahan...
jadi gini, ceritanya lu anak remaja biasa yang ga pengen ribet ini itu. Lu cuma pengen lulus, kerja, selesai. Gak pengen jadi sesuatu yang buruk, tabu atau bahkan tercela. Then....dilingkup gaul lu lu mendapatkan salah satu teman lu ada dalam lingkungan yang salah. Dia memang terlihat normal, namun ada yang ganjal. Dalam tata bahasa dia terbiasa untuk menyebutkan kata kata kasar yang gila memang. Jujur, gua berasal dari sekolah ternama ya....untuk menyebutkan beberapa kosakata kasar aja udah kek dihakimi masa. Begimana bisa terbiasa? yakan? DAN SEKARANG MALAH BERHADAPAN SAMA ORANG ORANG KEK GINI? gimana perasaan gua? MENURUT NGANAAAAAA *tereak* Masalah bahasa okelah gua masih bisa tolelir, mungkin itu memang gayanya berbahasa. Tapi yang satu ini....gua asli shock. Doi suka mengumbar anggota tubuhnya yang indah. Memberikan pose pose mengerikan yang bisa buat orang pasti mikir jelek. 
   Nah, itu tadi masalah yang sedang gua hadapi...

Gua bisa aja diem, masa bodo, tapi gua ga bisa. Gua tipe orang yang angkat bicara saat ada sesuatu yang gua anggap salah. Gua cuma pengen itu anak balik lagi, dia masih SMA juga. Kalo mau ngomongin hak lagi, apa seorang pelajar berhak memamerkan sebagian tubuhnya? hm? it's your call

  Segitu aja post kali ini, pendapat orang emang beda beda. Tapi ya itulah pendapat gua. Lu ga terima, silahkan. See you next post^^ salam damai....

2 comments:

  1. yang penting tetep jadi temen apapun keadaan temen lo. :))

    ReplyDelete
  2. iya bang, itu juga dalam rangka menyehatkan jasmani dan rohani pan ._.v

    ReplyDelete