Tuesday 1 October 2013

Great Vacation Medan

Hallo guys!! Udah lama bet ya gw ga posting. Pasti pada kangen gw kan
ya wk. Maaf bro, gw lagi sibuk. Separuh hidupku tugas. Deadline gw
banyak. Tapi otak gw nolak buat berpikir. Doi semacam punya
kehidupannya sendiri. Gamau gw atur ini itu. Jadi...siapa yang salah?




Oke mulai aja yak, gw mau nyeritain pengalaman simple gw waktu ke
medan. Gw kemedan waktu tanggal 7 September kemaren. Cuma 2 hari
berhubung gw bener bener kebelet sekolah dan gamau absen. Secara gw
kan anak rajin nan berbakat. Ceritanya gw mau ke kawinan sodara gitu.
Semacam wasting time kelas kakap. Buat buang buang waktu aja kudu
nyebrang pulau. Gw kesana lewat udara. Perlu gw ulas perjalanan udara
gw? Oke.

Gw naik air asia. Gw percaya sama awak kabinnya, gw cuma ga percaya gw
bisa selamat sampe darat lagi. Alhasil ya gw berdoa semacam gw mau
koit beberapa menit kemudian. Perjalanannya cuma 2 jam, tapi berasa
lama karna ya gw takut koit wkwk. Moment paling gw benci adalah saat
tanda seatbelt nyala. Lalu kaptennya bersabda "kita sedang dalam
kondisi udara yang kurang baik" ya terus gw harus bilang wow gitu? Itu
tuh berasa kata lain dari "sebentar lagi kita meledak" sebelas dua
belaslah. Lu paham gak? Yang paham...appclause dulu buat kalian, IQ
kalian ga diragukan sakitnya berarti.

Singkat cerita gw nyampe dah dimedan. Bandara baru gitu, kualanamu.
Selama perjalanan gw selalu update foursquare gw dimanapun gw berada.
Termasuk wc bandara kualanamu. Idiot memang, tapi...suruh siapa ada
pilihan itu di foursquare gw. Nah guys, gw disambut sama seorang
doang. A yeye, kerabat jauh gw. Doi pake jaket yang ada kancing
didalem. Kalo dideskripsiin susah, pokonya itu jaket udah kek jaket
boyband korea gitu dah. A yeye putih, ditambah jaket unyunya bener
bener serasi. Idungnya ga kurang bahan, beda banget sama matanya yg
mau melek aja butuh perjuangan. Ceritanya, gw jatuh cinta. Sialnya,
itu sodara gw. Hati gw berontak "andai saja kau jodohku" #abaikan

Dari bandara gw mendadak jaim berhubung ada a yeye. Pencitraan awal
segalanya. Tapi sayang...saat ramah tamah pencitraan gw kayaknya
rusak. Gw lapar berat. Gw makan banyak. Entah perasaan gw doang apa
gimana...gw ngerasa a yeye merhatiin gw. Ini ambigu banget. Antara
hidup dan mati. Antara curious dan ilfeel. Gw serba salah. Gw cuma
bisa senyum senyum manja pas mata kita tabrakan. A yeye...ko ganteng
sih~

Oke oke mari moveon dari a yeye. A yeye hanya sekelumit masalah
dagdigdugnya hati gw. Sekelumit yang rumit dan berbelit belit lalu
melilit. Wow itu tadi kalimat apaan._. Lanjut yaa...akhirnya gw cari
hotel dulu. Hotel dikawasan medan pastinya. Deket merdeka walk. Hotel
Arya Duta Medan kalo ga salah. Tempatnya enak, bayarnya juga enak. Top
banget buat bikin dompet topos. Tapi secara kan gw orang yang bener
bener kebanyakan uang ya, jadilah gw nginep disitu. Gw cuma nanya sama
receptionist nya "ada yang lebih mahal gak?" Receptionist menjawab
"yang mahal banyak, ini yang berkualitas" fyi, kalo lu ga
konek...bagian gw nanya yang lebih mahal itu sangkutin sama iklan hit
obat nyamuk. Paham gak? Kaga? Lemot lu ah

Jujur gw bingung kudu nyeritain part mana aja. Dua hari doang juga
bener bener full moment. Ga ada injury timenya. Dan gw bingung, lagi
bingung, bingung lagi binguuung...bingung lagi
#takgendongreplacedsong.

Oke! Gw sudah memutuskan. Kita pake point point biar ga tumpeh tumpeh
ya bahasannya
- perseteruan gw dan pengemis medan
- duduk sederhana gw yang petaka
- sapaan lembut sodara gw
- jawa batak karo gayo

Nah berhubung udah ada daftar isinya kita mulai aja yak.
1. Perseteruan gw dan pengemis medan
Ceritanya gw kan jalan jalan gitu ya. Gw keliling keliling pake
kendaraan khas medan. Bentor namanya. Konon sih itu singkatan dari
beca dan motor. Aga aga absurd gitu gw naik ini kendaraan. Bukan gara
gara enak kaga enaknya. Tapi gara gara supirnya. Medankan biasanya
keras keras ya itu ngemeng. Tapi ini bener bener gemulai. Mana
sepanjang jalan doi ngajak gw ngobrol. Ya gw mah mangut mangut aja
dah. Mana berisik, mana suaranya pelan. Gw cuma tau kalo mungkin si
supir nyangka orang bandung budek budek. Bro....suara elu yang pelan
kaga karuan woy.
Nah, akhirnya gw nyampe ke mesjid raya medan. Bagus...tapi
peraturannya ngehe banged pake d. Mau masuk aja banyak bet dah sarat
saratnya. Udah kek ditanya malaikat munkar nakir gw. Begitu mau masuk
"pakai lah penutup kepala" dengan logat medan yang kental kata si
penjaga mesjid. Gw jawab kalem "saya dari bandung pa, mau liat liat
doang. Ga masuk" lalu doi jawab lagi "PAKAILAH TUTUP KEPALA" gw mulai
ga enak nih doi semacam nyentak gitu ke gw. Gw lawan "GW KAGA BAWA
KERUDUNG!" Doi ga jawab, mungkin kaget gw kerasin. Tapi doi mulai
bertindak....doi mengeluarkan sesuatu mengerikan dari laci tepat
didepan perutnya. Kerudung kucel. "Pakailah itu" dia bilang.
Huf....guys, rambut gw yang indah kudu gw tutup pake kerudung kucel ga
karuan gitu? Sori sori to say dah ya. Akhirnya gw memutuskan buat
stuck diluarnya aja. Nunggu abi sama umi gw berfoto ria disana. Ini
adalah moment envy...dimana lu stuck diluar dan mereka berfoto ria.
Hati gw berbisik lembut "sialan..."
Menunggu dua sejoli onoh foto foto gw main hp aja dipekarangan itu
mesjid. Tanpa sadar ternyata sedari awal ada 3 orang pengemis freak
yang memandangi gw dengan tatapan manja. Gw yang lagi konsen mendadak
grogi sendiri. Gw mulai membetulkan letak pakaian gw yang gw rasa
salah. Tapi mereka masih tetep liatin gw. Gw yang daritadi udah esmosi
serentak nanya mereka dengan gaya gw yang so cool "ada apa ya?" Terus
mereka saling natap dan ketawa. Gw berasa dilecehkan banget disini.
Kenapa mereka kudu ketawa? Gw lucu? Iya gw tau. Tapi ga gini caranya.
Gw marah. Gw berontak. Gw so so an make logat medan "apalah kau tatap
tatap aku macam itu" mereka tetep ketawa. Gw mulai takut..roman
romannya ini pengemis pada kesambet. Ga lama dari situ, umi gw dateng
dengan soulmatenya yang ga lain dan ga bukan adalah abi gw sendiri.
Lalu menyelamatkan gw dengan sangat heroik "neng hayu" hati gw bebas.
Bebas dari belenggu itu trio pengemis. Umi gw ngasih picisan buat
mereka bertiga. Mereka menyeringai. Gw tau sekarang, mereka pengen
duit gw. Huff...~

2. Duduk sederhana gw yang petaka
Masuk ke bahasan ini, setelah gw berseteru pikiran dengan pengemis
freak itu, gw otw ke suatu tempat. Kata foursquare gw sih itu istana
maemon. Maemon, maimun, maeemoon, siapa dia? Gw kaga tau. Yang jelas
doi diagung agungkan gitu deh~ katanya istana, tapi gw ga berasa itu
istana masa. Disini kontroversial banget bung. Awal permasalahan ada
saat gw foto foto. Gw difotoin umi gw. Deket mimbar gitu. Terus ada
satu rombongan mendadak ngerubunin gw dan ngehalangin gw buat foto.
Oke gw terima karena emosi gw baru aja surut. Ga lama kemudian....saat
si mamang mamang orang yg ngerubunin gw pas mau foto tadi bilang "
1....2....3" khas kurir foto, gw terinspirasi. Gw nyelonong kilat ala
putri jawa. Mereka kontan marah "kak permisilah nak ambil gambar kami
ni" gw ga terima brooo wkwk. Samaruk mereka gw ga kesel tadi digituin.
Gw akhirnya jawab dengan lemah gemulai "maaf kak, kakak tau timbal
balik gak? Apa yang kaka dapet itu apa yang kaka perbuat. Mending
kakak inget inget tadi udah ngapain" lalu gw pergi dengan senyum manis
menggiurkan. Mereka cuma cengo ngedenger statment indah dari mulut gw.
Di dalem istana maemun tuh penuh sesak padat merayap, gw yang liat ada
kursi kosong ya duduk aja. Tanpa sadar ada tulisan "dilarang duduk"
yalagi...kursi fitrahnya buat duduk kan ya. Terus dilarang. Pantat gw
ga tahan liat itu kursi. Jadi...siapa yang salah? Gw dimarahin.
Rumornya itu bekas didudukin sultan maemun. Ya terus...so what
gitukan. Yaps, berhubung gw ditanah orang jadilah gw nurut aja. Gw
disuruh ngolesin kris medan ke itu kursi terus sujud sambil geleng
geleng. Entah motivasinya apa, tapi gw tau...gw terlihat bodoh.

3. Sapaan sodara gw
Ini!! Moment!! Paling!! Extra ordinary!! Ceritanya dulu first time gw
ke aceh gw ketemu sodara jauh. Bang egi namanya. Mahbahgie Natuah.
Nama aceh banget kan ya. Beberapa saat sama doi terus akhirnya gw
cinlok. Kan sodara jauh juga ya. Jadilah diperbolehkan gw pacaran.
Sialnya gw jadian setelah gw balik. Ldr an kita. Dan akhirnya...jarak
yang memisahkan kita. Setelah putus, ga pernah kontak. Paling kontak
juga ngucapin ulangtahun dll. Ga ada kontak khusus tanpa kepentingan.
Pedih skaleh.
Daaaaaaan....lu kudu tau! Di medan gw ketemu dia. Berasa malu, seneng,
tapi terpendam. Semua itu bisa dideskripsiin sama muka gw yang berubah
warna. Merah menyala saat ku tatap matanya. Yaelah.

Awalnya gw lagi duduk, menikmati ramah tamah di kawinan sodara gw. Ga
ada ciri ciri doi dateng. Cuma ada mamahnya, neneknya. Gw ya tiis tiis
aja. Terus, gw ampir keselek liat doi lewat bawa piring. Kata mamahnya
bang egi "gi, sambutlah mereka." Bang egi yang ceplas ceplos simple
jawab "makan dulu lah ya" gw diem diem seneng. Diem diem ngamatin.
Diem diem degdegan.

Setelah bang egi makan, kita salaman biasa aja. Ga saling sapa atau
gimana. Ini aja udah cukup. Gw ga nahan kalo dia ujug ujug nyapa gw.
Gw takut jatuh cinta. Ups. Moment absurdnya saat mamahnya bang egi
minta difoto. Bang egi yang moto. Gw serba salah. Gw gelagapan benerin
penampilan gw. Gw foto candid kitu ceritanya. Biar ga keliatan
groginya^^ cerdaskan gw. Tapi ini semua belum berakhir guys, belum
berakhir.

Selesai makan, gw nonton joget joget didepan. Lutut gw langsung lemes
pas sikut bang egi nyenderan di pundak gw..
E: anak mana nih neng
Gw gelagapan
T: bandung bang
E: sekolah dimana sekarang?
T: sma 24 bang. Abang dimana?
E: dimana tuh 24?
T: adalah bang, ujung berung
Lalu percakapan kami terpotong foto keluarga. Bang....gw seneng bang.
Lu ko ganteng sih, jelekan dikit nape-_-

4. Jawa Batak Karo Gayo
Ini puncaknya guys. Kawinan sodara gw. Gw bener bener ngerasa dapet
pelajaran bermakna. Gw tau adat kawinan jawa batak karo gayo.
Sebenernya cuma batak sama jawa doang. Tapi karo sama gayo nimbrung.
Rame bener ini. Joget joget, nyanyi nyanyi. Tapi basically, yang
paling heboh itu golongan orang orang batak. Dari mulai lagu,
dandanan, logat bicara, semuanya dah. Pikiran gw terbuka. Asalnya gw
mandang orang batak setengah mata. Sekarang mata hati gw kebuka. Orang
batak asik asik ko. Dan mulai sekarang, gw akan mengamalkan "bhineka
tunggal ika" elah...gw udah kek guru pkn belon?

And...that's about my great vacation. What's about ya? Selamat satu
okteber yeeeey. Doain ya gw lagi uts ini. Oh iya info penting. Ini
postingan terakhir gw. Woiiiit!!!!! Jangan kaget dulu guys. Ini
posting terakhir gw pake "gw" postingan selanjutnya bakal pake "gua"
biar gaol pake o wk. See you next post my fans^^

No comments:

Post a Comment